PENGENALAN DASAR HUKUM INVESTASI DAN PASAR MODAL BAGI REMAJA

Penulis

  • Emiel Salim Siregar Universitas Asahan
  • Dicky Apdillah Universitas Asahan
  • Ismail Universitas Asahan
  • Syahrunsyah Universitas Asahan
  • Harmayani Universitas Asahan
  • Miftahul Husna Universitas Asahan
  • Siti Hajar Siregar Universitas Asahan
  • Aan Fauzan Universitas Asahan
  • Adenisya Nasution Universitas Asahan
  • Ahmad Zuwandana Universitas Asahan
  • Chandra Ridho Wijaya Universitas Asahan
  • Dessy Zulfianti Sinaga Universitas Asahan
  • Erga Eka Putri Universitas Asahan
  • Jihan Salsabila Universitas Asahan
  • Lili Khairina Azhari Lubis Universitas Asahan
  • Naila Seifana Universitas Asahan
  • Rafly Aulia Lubis Universitas Asahan
  • Rizky Sinaga Universitas Asahan
  • Septian Rizky Dalimunthe Universitas Asahan

Kata Kunci:

Hukum, , Investasi, Pasar Modal, Remaja.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengenalan dasar hukum investasi dan pasar modal bagi remaja yang mencakup definisi, Prinsip, dan manfaat hukum investasi dan pasar modal dikalangan remaja. Investasi ini memberikan dampak negatifnya pada korbannya khusus para remaja. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan informasi dan pengetahuan kepada siswa/siswi SMA Negeri 7 Kota Tanjung Balai. Konteks dari pengabdian ini adalah di era globalisasi, informasi mengenai investasi sering terdengar dan bermunculan sehingga berujung pada perilaku kriminal di kalangan remaja. Berdasarkan hasil observasi, siswa kelas XI IPS 2 sering tertipu dengan yang namanya investasi bodong. Untuk mengatasi masalah ini, tim fakultas telah berupaya meningkatkan kesadaran tentang peran guru dalam memerangi investasi ini. Hal ini dilakukan untuk memungkinkan guru mengajar dan mengawasi siswa agar tidak tertipu lagi dalam hal-hal investasi. Metode pelaksanaan yang digunakan adalah dengan mengadakan rapat dengar pendapat dengan dosen yang membidangi kemahasiswaan untuk meminta izin mengadakan kegiatan pendidikan hukum, kemudian menentukan waktu dan tempat, kemudian membagikan dokumen dan memberi peserta kesempatan untuk bertanya. Hasilnya adalah siswa sangat terlibat dalam kegiatan ini, ditunjukkan melalui beberapa pertanyaan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-31