PENGARUH KEDISIPLINAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK (STUDI SURVEI SMA BINA PANGUDI LUHUR JAKARTA)

Penulis

  • Nur Faizah Maulida Universitas Islam Jakarta
  • Firdaus Suhaimy Universitas Islam Jakarta
  • Nadiah Universitas Islam Jakarta

Kata Kunci:

Kedisiplinan Belajar, Hasil Belajar Peserta Didik

Abstrak

Sikap disiplin harus ditanamkan kepada setiap peserta didik agar mempunyai kedisiplinan yang tinggi. Dengan adanya kedisiplinan yang bersumber dari disiplin diri maka peserta didik akan berhasil dalam belajar, tanpa adanya kedisiplinan yang baik maka suasana sekolah atau kelas akan kurang kondusif untuk kegiatan pembelajaran.            Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan data yang valid tentang pengaruh kedisiplinan belajar terhadap hasil belajar peserta didik. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode “deskriptif analitik korelasional”. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 108 peserta didik kelas XI di SMA Bina Pangudi Luhur Jakarta. Penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling untuk pengambilan sampel dengan sebanyak 85 peserta didik sebagai sampel. Penelitian ini menganalisis data dengan korelasi product moment (rxy) dan uji hipotesis (uji t).  Hasil data yang didapatkan dari Korelasi Product Moment rxy sebesar 0,632, menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif dan berdasarkan interpretasi data menunjukkan bahwa kedisiplinan belajar memiliki korelasi yang kuat atau tinggi yaitu 0,61-0,80. Hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis kedisiplinan belajar memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar peserta didik di kelas 11 SMA Bina Pangudi Luhur Jakarta, yang menunjukkan nilai thitung sebesar 7.430 atau positif dengan taraf signifikan 0,05 (0,000 < 0,05) yang artinya bahwa hipotesis dalam penelitian ini menolak H0 dan menerima Ha.

Unduhan

Diterbitkan

2024-06-30