PERAN PENDIDIKAN MASYARAKAT DALAM MENGEMBANGKAN BUDAYA LITERASI MASYARAKAT
Kata Kunci:
Pendidikan Masyarakat, Budaya, LiterasiAbstrak
Pendidikan masyarakat adalah salah satu Pendidikan yang bertujuan mencapai dan memenuhi tujuan yang sangat luas dalam hal jenis, jenjang, dan ruang lingkupnya, serta untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat, meningkatkan minat baca masyarakat, dan mendorong perkembangan budaya literasi di tengah-tengah masyarakat secara luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat, terutama generasi muda, serta mendorong perkembangan budaya literasi di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode Studi literatur atau Pengumpulan data yang dikutip dari berbagai sumber seperti artikel. Bisa juga disebut dengan metode Traditional Review, yang berarti tinjauan Pustaka. Metode ini tergantung pada pengetahuan dan pengalaman peneliti. Hasil tinjauan yang dapat disimpulkan bahwa dalam Pendidikan Masyarakat, selalu menyediakan berbagai akses kebutuhan bagi masyarakat dengan berbagai program salah satunya berupa pengembangan keterampilan, pelatihan pekerjaan, dan kegiatan pendidikan lainnya yang tidak terikat oleh kerangka formal yang mana sangat bermanfaat untuk meningkatkan kemampuan literasi masyarakat dengan cara-cara yang efektif, fleksibel, dan beragam.
Community education is one of the educations that aims to achieve and meet very broad goals in terms of type, level, and scope, as well as to improve community literacy, increase reading interest in the community, and promote the development of literacy culture in the community. The purpose of this research is to improve community literacy, especially among young generations, and to promote the development of literacy culture in the community. This research uses a literature study method or a data collection method that quotes from various sources such as articles. It can also be referred to as a traditional review method, which means a book review. This method depends on the researcher's knowledge and experience. The results of the review can be concluded that in Community Education, it always provides various access needs for the community through various programs, including skill development, job training, and other educational activities that are not bound by formal frameworks, which are very beneficial for improving community literacy in effective, flexible, and diverse ways.