MENGEKSPLORASI KEARIFAN LOKAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA KECEPATAN DAN DEBIT
Kata Kunci:
Kearifan Lokal, Kecepatan, DebitAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi kecepatan dan debit. Penelitian ini merupakan jenis penelitian studi pustaka (library research). Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian analisis anotasi bibliografi (annotated bibliography). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan keterlibatan siswa dan pemahaman siswa mengena materi kecepatan dan debit. Integrasi kearifan lokal tidak hanya meningkatkan pemahaman konsep matematika, tetapi juga memperkuat identitas budaya siswa serta relevansi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Implikasi praktis penelitian ini adalah pentingnya mengintegrasikan kearifan lokal dalam desan kurikulum dan strategi pembelajaran untuk memperkaya pengalaman belajar siswa. Penelitian ini memiliki implikasi praktis dalam merancang kurikulum matematika yang lebih berorientasi kearifan lokal. Dengan memahami signifikansi kearifan lokal, diharapkan dapat memberikan panduan bagi pengembangan strategi pembelajaran yang inklusif dan memperkuat identitas budaya siswa.
ABSTRACT
This research ams to explore and analyze the application of local wisdom in mathematics learning, especially in speed and discharge material. This research is a type of library research. The data used in this research is secondary data. The method used in this research is the documentation method. The data analysis technique used in this research is bibliographic annotation analysis research. The results of this research show that the application of local wisdom in mathematics learning can increase student involvement and students' understanding of speed and discharge material. The integration of local wisdom not only increases understanding of mathematical concepts, but also strengthens students' cultural identity and the relevance of learning to everyday life. The practical implication of this research is the importance of integrating local wisdom in curriculum design and learning strategies to enrich students' learning experiences. This research has practical implications in designing a mathematics curriculum that is more oriented towards local wisdom. By understanding the significance of local wisdom, it is hoped that it can provide guidance for developing inclusive learning strategies and strengthening students' cultural identity.