ANALISIS PEMANFAATAN PERMAINAN TRADISIONAL “GAPREK KALENG” SEBAGAI UPAYA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN DI SD

Penulis

  • Elvi Mailani Universitas Negeri Medan
  • Nur Fadhilah Siregar Universitas Negeri Medan
  • Putri Balqis Ar Raudhah Universitas Negeri Medan
  • Cucu Tri Ayu Ningrum Universitas Negeri Medan
  • Sry Hafizah Hasibuan Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Kearifan Lokal, Materi Pecahan, Gaprek Kaleng

Abstrak

Dengan memasukkan kearifan lokal, penelitian ini berupaya untuk meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar terhadap konsep pecahan. Kemajuan suatu negara sangat dipengaruhi oleh tingkat pendidikannya. Untuk mendidik siswa menghadapi dunia yang terus berubah, pendidikan harus mampu memenuhi kebutuhan mereka. Karena perubahan secara bertahap melemahkan karakter dan nilai-nilai budaya bangsa, maka pendidikan perlu lebih proaktif dan responsif terhadap perubahan tersebut. Memasukkan nilai-nilai kearifan lokal ke dalam kurikulum, khususnya matematika, diyakini dapat menghentikan kerusakan moral dan terus menghasilkan manusia Indonesia yang bermoral tinggi dan kompetitif. Studi literatur artikel ini bertujuan untuk menyelidiki, mengevaluasi, dan menjelaskan bagaimana nilai-nilai pengetahuan lokal dapat berperan.

Unduhan

Diterbitkan

2024-03-31