ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR: TANTANGAN DAN STRATEGI PENINGKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA
Kata Kunci:
Kurikulum Matematika, Tantangan, Teaching StrategiesAbstrak
ABSTRAK
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan kurikulum matematika di sekolah dasar, mengamati tantangan yang dihadapi pendidik dalam proses pembelajaran, dan untuk mengetahui strategi yang cocok dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di sekolah dasar. Adapun rumusan masalah adalah bagaimana perkembangan implementasi kurikulum matematika sekolah dasar di Indonesia, apa saja tantangan yang dihadapi guru dalam mengajarkan matematika di sekolah dasar, serta bagaimana strategi peningkatan pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitaif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan pengumpulan data melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurikulum matematika telah mengalami beberapa kali perubahan, adapun tantangan yang dihadapi pendidik dalam mengimplementasikan pembelajaran matematikan kepada siswa sekolah dasar yaitu siswa kurang berminat dalam pembelajaran matematika, siswa merasa malas untuk mengulang kembali pelajaran yang telah diajarkan oleh guru, siswa masih sering bermain dan tidak fokus dengan apa yg diajarkan guru, serta kurangnya peran orang tua dalam mendidik anak dirumah. Untuk itu, berbagai strategi yang inovatif dan interaktif dapat diterapkan oleh guru melalui pembelajaran di kelas untuk meningkatkan minat peserta didik dan mewujudkan pembelajaran yang optimal.
ABSTRACT
The purpose of this study is to analyse the development of the mathematics curriculum in primary schools, observe the challenges faced by educators in the learning process, and to find out suitable strategies in improving the effectiveness of mathematics learning in primary schools. The formulation of the problem is how the development of primary school mathematics curriculum implementation in Indonesia, what are the challenges faced by teachers in teaching mathematics in primary schools, and what are the strategies to improve mathematics learning in primary schools. This research uses a type of qualitative research with a descriptive approach. The research method used was literature study and data collection through interviews. The results showed that the mathematics curriculum has undergone several changes, as for the challenges faced by educators in implementing mathematics learning to elementary school students, namely students lack of interest in learning mathematics, students feel lazy to repeat the lessons that have been taught by the teacher, students still often play and do not focus on what the teacher teaches, and the lack of parental role in educating children at home. For this reason, various innovative and interactive strategies can be applied by teachers through classroom learning to increase students' interest and realise optimal learning.