HUBUNGAN ANTARA POLA PENGASUHAN DAN LINGKUNGAN ANAK DALAM MEMPENGARUHI BAHASA INDONESIA ANAK USIA DINI DI TK SILOAM
Kata Kunci:
Pola Pengasuhan, Lingkungan, Bahasa IndonesiaAbstrak
Pola pengasuhan yang responsif dan lingkungan yang mendukung stimulasi bahasa diyakini memainkan peran penting dalam membentuk kemampuan bahasa anak. Pentingnya pemahaman tentang bagaimana pola pengasuhan dan lingkungan anak berinteraksi dalam memengaruhi perkembangan bahasa pada usia dini. Penelitian ini memberikan wawasan penting tentang pentingnya pola pengasuhan dan lingkungan dalam mempengaruhi pengembangan bahasa anak usia dini, yang merupakan aspek kritis dalam pendidikan anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah campuran (Mixed Method), yaitu metode yang memadukan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dalam hal metodologi (seperti dalam tahap pengumpulan data), dan kajian model campuran memadukan dua pendekatan dalam semua tahapan proses penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi langsung kepada 13 siswa umur 5-6 tahun di TK Swasta Siloam sebagai sampel. Hasil penelitian di TK Swasta Siloam Jl. Pendidikan No.15, Tegal Rejo, Kec. Medan Perjuangan, Kota Medan, Sumatera Utara 20237, menunjukkan bahwa Pola pengasuhan yang responsif, seperti memberikan perhatian yang ramah, memenuhi kebutuhan anak dengan cepat, dan meningkatkan interaksi verbal, memberikan dampak positif dalam kemampuan bahasa anak. Di sisi lain, lingkungan yang kaya akan bahasa, seperti buku-buku, banyak interaksi verbal, dan kesempatan untuk berbicara dan mendengarkan, meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia yang lebih baik pada anak usia dini.