PERBEDAAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI PEMINATAN DAN XI LINTAS MINAT PADA PEMBELAJARAN GEOGRAFI DI SMA NEGERI 1 PARIAMAN
Kata Kunci:
Pembelajaran Geografi, Motivasi belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah motivasi belajar peserta didik pada kelompok peminatan berbeda dengan kelompok lintas minat di SMA Negeri 1 Kota Pariaman. Penelitian deskriptif kuantitatif adalah jenis penelitian yang dilakukan. Dua metode pengumpulan data digunakan anket dan dokumentasi. Angket digunakan untuk mengtahui motivasi belajar peserta didik. Populasi penelitian yaitu peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Pariaman, dengan sampel penelitian 67 peserta didik 31 peserta didik dari kelas XI peminatan dan 36 peserta didik dari kelas XI lintas minat. Dalam penelitian ini teknik yang digunakan dalam penganbilan sampel adalah purposive sampling. Analisis penelitian dilakukan menggunakan t-tes untuk menguji ada tidaknya perbedaan motivasi belajar peserta didik progarm peminatan dan lintas minat, setelah dilakukan uji validitas dan reliabelitas dari intrumen penelitian. Hasil penelitian menunjukan adanya perbedaan motivasi belajar peserta didik antara kelas XI kekompok peminatan dan lintas minat. Perbedaan dapat dilihat dari selisih indikator rata-rata statistik deskriptif antara kelas peminatan dan lintas minat yaitu perbedaan yang signifikan pada faktor intrinsik pada indikator “kebiasaan belajar” kelas peminatan memiliki rata-rata 75,05 sedangkan kelas lintas minat memiliki rata-rata 82,04 dimana kelas lintas minat memiliki nil 06,99 lebih tinggi dari pada kelas peminatan. Sedangkan perbedaan yang signifikan terdapat pada faktor ekstrinsik dengan indikator “kelompok belajar yang kondusif” kelas peminatan memiliki rata-rata 75,91 sedangkan kelas lintas minat memiliki rata-rata 88,70, hal ini menunjukan kelas lintas minat memiliki nilai 12,79 lebih tinggi dari pada kelas peminatan..