ANALISIS TINGKAT KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU GEOGRAFI PADA SMA NEGERI DI KECAMATAN KOTO TANGAH TAHUN AJARAN 2022/2023

Penulis

  • Muhammad Siregar Universitas Negeri Padang
  • Ernawati Universitas Negeri Padang

Kata Kunci:

Guru, Kompetensi Pedagogik

Abstrak

Kompetensi pedagogik merupakan kemampuan seorang guru dalam mengelola pembelajaran peserta didik, dimana kompetensi pedagogoik sangat penting untuk tercapainya tujuan pembelajaran yang diinginkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kompetensi pedagogik guru geografi pada SMA Negeri di Kecamatan Koto Tangah. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskrptif dengan metode kuantitatif. Populasi dan sampel adalah semua guru geografi yang mengajar di SMA Negeri pada kecamatan Koto tangah, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh dengan jumlah 7 guru geografi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan berupa angket, observasi dan dokumentasi dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik guru geografi tergolong kedalam kategori sangat baik dengan persentase 91,4%. Tingkat. kompetensi pedagogik guru geografi untuk setiap indikator akan dijabarkan sebagai berikut : (1) 84,9% memahami karakteristik peserta didik dari aspek fisik, moral, spritual, sosial, kultural, dan intelektual tergolong sanagt baik. (2) 92,8% menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran yang mendidik tergolong sangat baik. (3) 89,8% mengembangkan kurikulum yang terkait dengan mata pelajaran geografi tergolong sangat baik. (4) 91,9% menyelenggarakan pembelajaran yang mendidik tergolong sangat baik. (5) 85,7% memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi untuk kepentingan pembelajaran tergolong sangat baik. (6) 83,9% memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik untuk mengaktualisasikan potensi yang dimiliki tergolong sangat baik. (7) 97% berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun dengan peserta didik tergolong sangat baik. (8) 97,9% menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses dan hasil belajar tergolong sangat baik. (9) 99,1% memanfaatkan penilaian dan evaluasi untuk kepentingan pembelajaran tergolong sangat baik

Unduhan

Diterbitkan

2024-02-29