PENGARUH POSISI DUDUK TERHADAP KONSENTRASI BELAJAR SISWA

Penulis

  • Faniya Nur Haryadi Eka Putri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Agil Lia Saputri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

Konsentrasi Belajar, Posisi Duduk

Abstrak

Ada dua indikator yang dapat dijadikan tolak ukur keberhasilan proses pembelajaran, yaitu daya serap pembelajaran dan perubahan perilaku siswa. Salah satu faktor yang dapat menyebabkan rendahnya daya serap pada siswa adalah konsentrasi. Konsentrasi belajar adalah keadaan dan kemampuan seseorang memusatkan perhatian dan pikiran pada saat pembelajaran berlangsung. Berdasarkan penjelasan di atas, peneliti tertarik untuk mengetahui pengaruh konsentrasi dan posisi duduk. Sehingga peneliti memilih judul penelitian ini dengan judul “Pengaruh Posisi Duduk Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa”. Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh posisi duduk ini terhadap konsentrasi belajar siswa di sekolah. Berdasarkan penjelasan tersebut peneliti tertarik dengan pengaruh konsentrasi dan posisi duduk, sehingga peneliti mengangkat judul ini. Peneliti ingin mengetahui seberapa besar pengaruh posisi duduk ini terhadap konsentrasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan uji regresi linier sederhana. Analisis regresi linier sederhana adalah ketergantungan satu atau lebih variabel bebas terhadap satu variabel terikat yang digunakan untuk memprediksi satu variabel terikat berdasarkan pada satu variabel bebas. Posisi duduk berpengaruh terhadap konsentrasi siswa SMA N 1 Mirit, hal ini sesuai dengan penelitian sebelumnya. Disimpulkan, peringkat lima besar di setiap kelas diraih oleh siswa yang duduk di barisan tengah hingga barisan depan. Pengaruh siswa yang duduk di barisan belakang dan barisan depan terhadap konsentrasi belajar. Posisi duduk di depan lebih efektif mempengaruhi konsentrasi belajar siswa dibandingkan dengan siswa yang duduk di barisan belakang.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31