ANALISIS PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA BERBASIS VIDEO PADA JENJANG SMA KELAS XI

Penulis

  • Arninda Rahmawati Putri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Bayu Setiaji Universitas Negeri Yogyakarta

Kata Kunci:

Deskriptif, Kuesioner, Responden, Pandemi Covid-19

Abstrak

ABSTRAK- Setelah pandeemi covid-19 telah reda, para guru maupun dosen kembali melaksanakan pembelajaran secara tatap muka. Namun pada saat ini terutama pembelajaran fisika banyak yang kurang efektif sehingga membuat siswa kesulitan dalam memahami materi yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pemahaman siswa terkait dengan pembelajaran fisika menggunakan media video dan secara langsung. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner dan berisi 10 pernyataan. Kuesioner dibagi menjadi 2 yaitu sebelum menonton video dan sesudah menonton video. Lokasi penelitian adalah SMAN 2 Wates dengan jumlah responden yaitu 30 siswa. Hasil penelitian ini menghasilkan bahwa metode pembelajaran menggunakan video berpengaruh terhadap pemahaman siswa melalui uji normalitas dan hipotesis.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31