STUDI LITERATUR: MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI ASAM BASA, IDENTIFIKASI, FAKTOR PENYEBAB, DAN UPAYA MEREDUKSINYA

Penulis

  • Diki Ahmadi Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Studi Pustaka, Reduksi, Identifikasi Miskonsepsi, Faktor Penyebab, Asam Basa

Abstrak

ABSTRAK

 

Miskonsepsi dapat menghambat kemampuan siswa untuk mengintegrasikan pengetahuan yang sudah ada dengan informasi baru, yang mengakibatkan terbatasnya pemahaman konsep di kalangan siswa miskonsepsi cenderung kuat dan sulit untuk dirubah Besarnya dampak yang dihasilkan dari miskonsepsi dalam pembelajaran menjadi hal penting yang harus menjadi perhatian untuk bisa mengidentifikasi dan mereduksi miskonsepsi pada siswa. Kajian ini ditulis dengan menggunakan pendekatan studi literatur, yaitu dengan mengumpulkan berbagai sumber dan referensi yang berkaitan dengan masalah pembelajaran kimia khususnya yang berkaitan dengan miskonsepsi pada materi asam basa. Kajian dilakukan untuk menggali informasi mengenai, miskonsepsi yang terjadi, cara identifikasi dan cara mereduksinya. Dari hasil kajian, ditemukan siswa mengalami miskonsepsi pada hampir semua topik asam basa, terutama yang bersifat simbolik dan abstrak seperti teori asam basa, konsep kekuatan asam-basa dan juga yang bersifat kuantitatif (seperti perhitungan pH). Hasil penelitian juga menguraikan beberapa factor yang dapat menyebabkan miskonsepsi itu terjadi. Upaya mereduksi dapat dilakukan dengan bahan ajar berbasis Refutation text, metodeLearning Cycle 5E-Mind Mapping, metode inkuiri terbuka serta conceptual change, strategi konflik kognitif, dan software anti mischemistry. Cara cara tersebut mampu mereduksi miskonsepsi pada pembelajaran materi asam basa.

     

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31