STUDI LITERATUR: MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS DI ERA DIGITALISASI

Penulis

  • Tiara Anggraeni Putri Universitas Negeri Jakarta

Kata Kunci:

Discovery, Learning, Hasil Belajar

Abstrak

ABSTRAK

 

Dalam kegiatan pembelajaran diperlukan metode atau model pembelajaran yang tepat untuk membuat pembelajaran menjadi aktif dan kritis karena model pembelajaran yang digunakan sangat berperan penting dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Discovery learning adalah salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan agar pembelajaran menjadi aktif dan kritis karena model pembelajaran ini mampu membuat siswa lebih leluasa untuk mengutarakan pendapatnya berdasarkan ide atau gagasan dan bukti temuannya. Di era digitalisasi sekarang mudah untuk siswa mencari informasi secara akurat dimana saja menggunakan internet. Tujuan penelitian  ini untuk mengetahui seberapa berperan penggunaan metode pembelajaran discovery learning dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Metode studi literatur yang digunakan yakni metode Systematic Literature Review (SLR) berdasarkan buku dan jurnal. Temuan utama dalam penerapan model discovery learning menunjukkan efektivitas kegiatan pembelajaran sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Discovery learning merupakan model pembelajaran berfokus pada siswa sehingga membuat proses pembelajaran menjadi hidup di dalam kelas. Penggunaan model pembelajaran discovery learning dapat menjadi salah satu alternatif yang digunakan pendidik agar siswa dapat berperan aktif, kritis, dan analitis sehingga hasil belajar siswa ikut meningkat.

     

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-31