PENGARUH LITERASI DIGITAL TERHADAP ETIKA PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DIKALANGAN REMAJA
Kata Kunci:
Literasi Digital, Etika Digital, Media Sosial, Remaja, Tanggung Jawab DigitalAbstrak
Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh literasi digital terhadap etika penggunaan media sosial di kalangan remaja Indonesia. Perkembangan media sosial yang pesat membawa dampak positif sekaligus tantangan etika seperti hoaks, ujaran kebencian, dan pelanggaran privasi. Dengan metode kualitatif melalui studi pustaka, penelitian ini menelaah berbagai sumber ilmiah dan laporan resmi terkait literasi digital dan perilaku etis remaja di dunia maya. Hasil kajian menunjukkan bahwa pemahaman etika digital remaja masih rendah, rata-rata hanya 38,75%, yang disebabkan oleh kurangnya pembinaan moral serta tanggung jawab digital di lingkungan keluarga dan sekolah. Oleh karena itu, diperlukan model literasi digital yang tidak hanya berfokus pada keterampilan teknis, tetapi juga pada pembentukan karakter etis dan tanggung jawab sosial. Temuan ini diharapkan menjadi dasar pengembangan kebijakan literasi digital yang kontekstual dan berorientasi pada pembentukan warga digital yang kritis dan beretika.
This study analyzes the influence of digital literacy on social media ethics among Indonesian adolescents. The rapid growth of social media presents both benefits and ethical challenges such as hoaxes, hate speech, and privacy violations. Using a qualitative method through a literature review, this research examines scientific sources and official reports related to digital literacy and online behavior among youth. The findings show that teenagers’ understanding of digital ethics remains low, averaging only 38.75%, due to a lack of moral guidance and digital responsibility in schools and families. Therefore, a digital literacy model that emphasizes not only technical skills but also ethical awareness and social responsibility is needed. The study is expected to serve as a basis for developing contextual digital literacy policies that promote critical and ethical digital citizenship


