PENGGUNAAN MEDIA KANTONG PERKALIAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERKALIAN SISWA KELAS IV SD PARULIAN 2 MEDAN

Penulis

  • Novia Raya Naomi S Universitas Negeri Medan
  • Putri Hartini Ningsih Universitas Negeri Medan
  • Sri Ayuning Melati Universitas Negeri Medan
  • Syahrial Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Kantong Perkalian, Hasil Belajar

Abstrak

Pembelajaran matematika, khususnya operasi perkalian, merupakan dasar penting bagi penguasaan konsep matematika lanjutan. Namun, hasil observasi di kelas IV SD Parulian 2 Medan menunjukkan banyak siswa masih mengalami kesulitan memahami konsep perkalian akibat metode pembelajaran yang monoton dan minimnya media konkret. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penggunaan media Kantong Perkalian dalam meningkatkan hasil belajar perkalian siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen sederhana melalui pemberian pretest dan posttest kepada 25 siswa. Data diperoleh melalui tes tertulis serta observasi, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil belajar siswa. Nilai rata-rata pretest sebesar 70 dengan ketuntasan belajar 40% meningkat menjadi 85 pada posttest dengan ketuntasan belajar 76%. Temuan ini menegaskan bahwa media Kantong Perkalian efektif membantu siswa memahami konsep perkalian secara konkret, meningkatkan motivasi, dan memperbaiki hasil belajar. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis aktivitas langsung ini direkomendasikan untuk digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah dasar.

Mathematics learning, particularly multiplication, is a fundamental basis for mastering more advanced mathematical concepts. However, observations in the fourth-grade class of SD Parulian 2 Medan revealed that many students still struggle to understand multiplication due to monotonous teaching methods and the lack of concrete learning media. This study aims to analyze the effectiveness of using the Multiplication Pocket media in improving students’ learning outcomes in multiplication. The research employed a quantitative approach with a simple experimental method by administering pretests and posttests to 25 students. Data were collected through written tests and observations, then analyzed using descriptive statistical techniques. The findings indicate a significant improvement in students’ learning outcomes. The average pretest score of 70 with a mastery level of 40% increased to 85 in the posttest with a mastery level of 76%. These results confirm that the Multiplication Pocket media is effective in helping students understand multiplication concepts concretely, enhancing their motivation, and improving overall learning achievement. Therefore, activity-based learning media such as the Multiplication Pocket is recommended for teaching mathematics at the elementary school level.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30