PENERAPAN MODEL PBL DENGAN MENGINTEGRASIKAN PENDEKATAN TARL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Penulis

  • Muthia Khairunnissa Universitas Tadulako
  • I Nyoman Murdiana Universitas Tadulako

Kata Kunci:

PBL, Teaching At The Right Level, Minat Belajar, Diferensiasi, Pembelajaran Matematika

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran matematika melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang diintegrasikan dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan subjek sebanyak 35 siswa kelas X9 SMA Negeri 7 Palu tahun ajaran 2024/2025. Pembelajaran didesain secara diferensiasi berdasarkan tingkat kemampuan siswa, dengan menggunakan LKPD yang disesuaikan dan konteks budaya lokal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada aktivitas dan keterlibatan belajar peserta didik dalam berbagai indikator, seperti perhatian terhadap pembelajaran, kemampuan bertanya, kerja sama kelompok, serta kepercayaan diri saat presentasi. Integrasi strategi PBL dan TaRL terbukti menciptakan lingkungan belajar yang lebih adaptif, interaktif, dan bermakna, sehingga mampu meningkatkan motivasi dan minat belajar matematika secara efektif.

Unduhan

Diterbitkan

2025-10-30