ANALISIS SELF DIRECT LEARNING SISWA MAN 1 TUBAN TERHADAP HASIL PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL DISCOVERY LEARNING MATERI TRIGONOMETRI

Penulis

  • Viska Zulvin Nabila Elda Milania Universitas PGRI Ronggolawe Tuban
  • Surawan Universitas PGRI Ronggolawe Tuban

Kata Kunci:

Self Direct Learning, Discovery Learning, Trigonometri

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis self direct learning atau kemandirian belajar siswa pada saat pembelajaran matematika dengan menggunakan model discovery learning kelas X IPA 3  MAN 1 Tuban. Jenis penelitian yang digunakan dalm penelitian ini yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang digunakan oleh peneliti diambil dengan Teknik purposive sampling dan didapatkan 4 siswa yang menjadi subjek penelitian. Teknik pengumpulan datadalam penelitian ini yaitu menggunkan angket self direct learning, pedoman observasi, dan wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi mereduksi data, dan penyajian data yaitu dengan menyajikan data yang didapatkan dari hasil pedoman observasi beserta wawancara dan penarikan kesimpulan dari data yang diperoleh. Hasil penelitian yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu siswa dengan kategori tinggi dan sedang. Siswa kategori tinggi memenuhi seluruh 8 (delapan) indikator dari self direct learning, sedangkan siswa kategori  sedang hanya memenuhi 3 (tiga) dari 8 (delapan) indikator self direct learning.

The aim of this research is to analyze students' self-directed learning or independent learning when learning mathematics using the discovery learning model for class X Science 3 MAN 1 Tuban. The type of research used in this research is qualitative descriptive research. The research subjects used by the researchers were taken using purposive sampling technique and 4 students were obtained as research subjects. The data collection technique in this research is using self-direct learning questionnaires, observation guidelines, and interviews. Data analysis techniques in this research include reducing data, and presenting data, namely by presenting data obtained from the results of observation guidelines along with interviews and drawing conclusions from the data obtained. The research results obtained in this study were students in the high and medium categories. High category students fulfill all 8 (eight) indicators of self-direct learning, while medium category students only fulfill 3 (three) of the 8 (eight) indicators of self-direct learning.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30