PENGEMBANGAN MANAJEMEN RA YANG INOVATIF DAN BERBASIS TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN ANAK DI RA NURUL HASANAH

Penulis

  • Arie Dwi Ningsih Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Nurhayati Gusmi Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Fatihatur Rahma Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Elsa Aulisti Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Nina Khairani Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Kata Kunci:

Manajemen Inovatif, Teknologi Pendidikan, Pembelajaran Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan dan menganalisis pengembangan manajemen yang inovatif dan berbasis teknologi di RA Nurul Hasanah dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran anak usia dini. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) untuk beradaptasi dengan perkembangan zaman, terutama dalam hal integrasi teknologi informasi dan komunikasi dalam pengelolaan dan proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara dengan pihak yayasan, kepala sekolah, dan guru, serta dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan bahwa RA Nurul Hasanah memiliki sistem manajemen yang cukup tertata, dengan struktur organisasi yang jelas dan hubungan yang baik antara manajemen, guru, serta orang tua siswa. Namun, pemanfaatan teknologi dalam kegiatan manajerial dan pembelajaran masih terbatas, khususnya dalam aspek administrasi digital, evaluasi pembelajaran, dan media pembelajaran interaktif. Para guru menunjukkan semangat tinggi dalam mengikuti pelatihan, tetapi masih memerlukan dukungan pelatihan yang lebih spesifik terkait penggunaan teknologi. Studi ini merekomendasikan pengembangan kapasitas guru dalam literasi digital, digitalisasi sistem administrasi sekolah, pemanfaatan platform komunikasi digital antara sekolah dan orang tua, serta penyusunan roadmap pengembangan manajemen RA yang berbasis teknologi. Dengan strategi tersebut, RA Nurul Hasanah berpeluang menjadi lembaga pendidikan anak usia dini yang unggul, adaptif terhadap perkembangan zaman, dan mampu memberikan layanan pendidikan yang lebih efektif, efisien, serta menyenangkan bagi anak usia dini

This study aims to describe and analyze the development of innovative and technology-based management at RA Nurul Hasanah in order to improve the quality of early childhood education. The background of the study is rooted in the urgent need for early childhood education institutions to adapt to the demands of the digital era, particularly in integrating information and communication technology (ICT) into both school management and learning processes. This research employed a descriptive qualitative approach with data collected through direct observation, interviews with the foundation board, principal, and teachers, as well as documentation. The results indicate that RA Nurul Hasanah has a fairly well-organized management system with a clear organizational structure and strong relationships among the management, teachers, and students' parents. However, the use of technology in managerial and instructional activities remains limited, especially in digital administration, learning evaluation, and the application of interactive learning media. Teachers demonstrated strong enthusiasm for professional development but still require more targeted training on educational technology usage. This study recommends enhancing teachers’ digital literacy, digitalizing school administrative systems, utilizing digital communication platforms between the school and parents, and developing a roadmap for technology-based RA management. Through these strategies, RA Nurul Hasanah has the potential to become a leading early childhood education institution that is adaptive to technological advancements and capable of delivering more effective, efficient, and engaging educational services for young learners.

Unduhan

Diterbitkan

2025-08-30