CARA GURU MENGATASI ANAK LEARNING DISABILITY
Kata Kunci:
Learning Disability, Strategi Guru, Pendidikan Inklusif, Intervensi, DiferensiasiAbstrak
Learning disability atau gangguan belajar merupakan kondisi neurologis yang memengaruhi kemampuan anak dalam memahami, memproses, dan menyampaikan informasi. Anak dengan learning disability sering mengalami kesulitan dalam membaca, menulis, berhitung, maupun keterampilan sosial. Guru memegang peran penting dalam mengidentifikasi dan menangani kebutuhan khusus anak-anak ini di lingkungan pendidikan formal. Penelitian ini menggunakan metode kajian pustaka dengan pendekatan kualitatif deskriptif, yang bersumber dari berbagai artikel ilmiah, buku referensi, dan hasil penelitian terkait strategi guru dalam menangani anak dengan gangguan belajar. Hasil kajian menunjukkan bahwa strategi efektif yang dapat diterapkan guru meliputi pembelajaran diferensiasi, dukungan emosional, kolaborasi dengan orang tua dan ahli, serta pemanfaatan teknologi pendidikan. Dengan pendekatan yang tepat, guru dapat membantu anak mengoptimalkan potensi belajarnya dan meningkatkan kepercayaan diri mereka.
Learning disabilities are neurological conditions that affect a child's ability to understand, process, and communicate information. Children with learning disabilities often face difficulties in reading, writing, arithmetic, and social skills. Teachers play a crucial role in identifying and addressing the specific needs of these children within formal educational settings. This study employs a literature review method with a qualitative descriptive approach, drawing data from scholarly articles, reference books, and relevant research on strategies used by teachers in handling students with learning disabilities. The findings suggest that effective strategies include differentiated instruction, emotional support, collaboration with parents and specialists, and the use of educational technology. With the right approach, teachers can help children optimize their learning potential and boost their self-confidence.