PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Z AKIBAT VIDEO PROMOSI PRODUK GADGET DI MEDIA SOSIAL DITINJAU DARI GAYA HIDUP HEDONISME

Penulis

  • Jihan Fakhirah Firdaus Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi
  • Eugenius Kau Suni Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi InterStudi

Kata Kunci:

Globalisasi, Perilaku Konsumtif, Video Promosi Gadget, Hedonisme, Media Sosial

Abstrak

Media massa saat ini memang sangat berkembang pesat apalagi dengan adanya media sosial, apapun informasi mudah diterima oleh khalayak luas terutama gen Z, sebagai generasi yang lahir antara tahun 1997 – 2009, merupakan kelompok pertama yang mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan seiring dengan kemajuan teknologi. Generasi Z juga cukup aktif di media sosial dan Sebagian dari 60% gen Z memang lebih suka berinteraksi melalui gambar daripada teks. Dalam hal melihat sebuah komunikasi pun gen Z lebih suka menonton YouTube untuk melihat produk gadget yang mereka suka, terutama melihat video promosi produk gadget di media sosial. Produk yang memang menjadi daya tarik gen z salah satunya adalah smartphone. Jenis penelitian dan metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini yaitu jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang dimana mencari data dengan cara melihat dari lingkungan yang relevan dan mewawancarai beberapa narasumber yang benar – benar melakukan perilaku konsumtif akibat video promosi produk gadget di media sosial. Hasil penelitian ini adalah perilaku konsumtif Gen z akibat video promosi gadget di media sosial terutama YouTube. Ketiga informan secara umum menyatakan bahwa perilaku konsumtif dipengaruhi oleh lingkungan dan media sosial yang salah satunya melalui video promosi..

The mass media is currently experiencing rapid development, especially with the presence of social media, where any information can easily be accepted by the general public, especially Generation Z, which refers to those born between 1997 and 2009. They are the first group to experience growth and development alongside technological advancements. Generation Z is quite active on social media, with about 60% preferring to interact through images rather than text. When it comes to communication, Gen Z prefers watching YouTube 

to see gadget products they like, especially promotional videos. Smartphones are among the products that attract Gen Z the most. This research employs a descriptive qualitative research method with a phenomenological approach, which involves gathering data by observing relevant environments and interviewing several sources who truly exhibit consumptive behavior due to promotional gadget videos on social media. The results of this research are the consumer behavior of Gen Z due to promotional videos for gadgets on social media, especially YouTube. The three informants generally stated that consumer behavior is influenced by the environment and social media, one of which is through promotional videos.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30