PENGELOLAAN LINGKUNGAN BELAJAR ANAK USIA DINI DI RA AISYIYAH CENGKEH TURI

Penulis

  • Arie Dwi Ningsih Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Nabilah Salsabila Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Haniva Nadillah Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Dini Arianti Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai
  • Salsabilla Humaira Nst Institut Syekh Abdul Halim Hasan Binjai

Kata Kunci:

Lingkungan Belajar, Anak Usia Dini, Pengelolaan, RA Aisyiyah, Pembelajaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengelolaan lingkungan belajar anak usia dini di RA Aisyiyah Cengkeh Turi. Lingkungan belajar memiliki peran penting dalam mendukung proses tumbuh kembang anak secara optimal, baik dari aspek fisik, sosial, emosional, maupun kognitif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan lingkungan belajar di RA Aisyiyah Cengkeh Turi dilakukan dengan memperhatikan prinsip keamanan, kenyamanan, kebersihan, serta ketersediaan sarana yang mendukung eksplorasi dan kemandirian anak. Pendidik juga berperan aktif dalam menata ruang dan menyediakan alat bermain edukatif sesuai tahapan perkembangan anak. Kesimpulannya, pengelolaan lingkungan belajar di RA Aisyiyah Cengkeh Turi telah dilaksanakan dengan baik dan mendukung terciptanya suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi anak usia dini.

This study aims to describe the management of the early childhood learning environment at RA Aisyiyah Cengkeh Turi. The learning environment plays a crucial role in supporting children's optimal development across physical, social, emotional, and cognitive aspects. This research uses a qualitative descriptive method with data collected through observation, interviews, and documentation. The findings indicate that the learning environment at RA Aisyiyah Cengkeh Turi is managed by prioritizing safety, comfort, cleanliness, and the availability of facilities that support exploration and independence. Educators actively participate in arranging the classroom and providing educational play tools that suit the developmental stages of the children. In conclusion, the learning environment at RA Aisyiyah Cengkeh Turi is well-managed and supports a joyful and meaningful learning atmosphere for early childhood learners.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30