PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ANIMASI YOUTUBE DAN POSTER UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP KELAS VII DI SMP PINGKU, KECAMATAN PARUNGPANJANG, KABUPATEN BOGOR

Penulis

  • Siti Aidatul Fikriyah STKIP Arrahmaniyah
  • Dian Listiani STKIP Arrahmaniyah

Kata Kunci:

Media Pembelajaran, Animasi Youtube, Poster, Pemahaman Siswa, Ciri-Ciri Makhluk Hidup

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan animasi YouTube dan media pembelajaran berbasis poster terhadap peningkatan pemahaman siswa tentang ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas VII SMP Pingku, Kecamatan Parungpanjang, Kabupaten Bogor. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh temuan awal bahwa pembelajaran biologi di sekolah tersebut masih kurang optimal karena terbatasnya variasi media, sehingga mengakibatkan rendahnya partisipasi dan pemahaman siswa di kelas. Metode yang digunakan adalah penerapan video animasi YouTube dan poster dalam kegiatan pembelajaran, dengan mengamati perubahan keterlibatan dan pemahaman siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan kedua media tersebut efektif meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi. Penggunaan animasi YouTube memfasilitasi pemahaman siswa terhadap konsep-konsep abstrak secara visual dan menarik, sementara poster membantu siswa memperkuat daya ingat mereka melalui penyajian informasi yang jelas dan ringkas. Oleh karena itu, kombinasi animasi YouTube dan poster direkomendasikan sebagai alternatif inovatif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran biologi di kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30