AUTISME
Kata Kunci:
Autisme, Intervensi Dini, Pendidikan Inklusif, Anak Berkebutuhan Khusus, PaudAbstrak
Autisme atau Autism Spectrum Disorder (ASD) merupakan gangguan perkembangan neurologis yang memengaruhi kemampuan komunikasi, interaksi sosial, dan perilaku. Penanganan dini melalui intervensi yang tepat sangat berperan dalam meningkatkan kemampuan adaptif anak dengan autisme, khususnya di lingkungan pendidikan formal. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji berbagai strategi intervensi dini yang efektif dalam membantu perkembangan anak dengan autisme, dengan fokus pada implementasinya di paud. Metode yang digunakan adalah studi literatur dari berbagai sumber ilmiah terbaru. Hasil kajian menunjukkan bahwa intervensi berbasis perilaku (Applied Behavior Analysis), terapi wicara, terapi okupasi, serta pendekatan berbasis keluarga memiliki dampak positif terhadap peningkatan kemampuan komunikasi, sosial, dan kemandirian anak. Selain itu, keterlibatan guru dan keluarga dalam proses intervensi terbukti meningkatkan efektivitas program. Oleh karena itu, diperlukan sinergi antara pihak sekolah, keluarga, dan tenaga profesional untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan suportif bagi anak dengan autisme.
Autism Spectrum Disorder (ASD) is a neurodevelopmental disorder that affects communication skills, social interaction, and behavior. Early intervention with appropriate strategies plays a crucial role in enhancing the adaptive abilities of children with autism, especially within formal educational settings. This article aims to review various effective early intervention strategies to support the development of children with autism, with a specific focus on their implementation in primary schools. The method used is a literature review from recent scientific sources. The results show that behavioral-based interventions (Applied Behavior Analysis), speech therapy, occupational therapy, and family-centered approaches have a positive impact on improving children’s communication, social, and independence