RANCANGAN ARTIKEL DENGAN JUDUL : PERANAN GURU DALAM IMPLEMENTASI PENDIDIKAN INKLUSIF DI SD SARIN RARE MAS UBUD GIANYAR BALI
Kata Kunci:
Pendidikan Inklusif, Peran Guru, SD Sarin Rare, Kebutuhan KhususAbstrak
Pendidikan inklusif merupakan suatu pendekatan yang memastikan setiap anak, termasuk anak berkebutuhan khusus (ABK), mendapatkan akses pendidikan yang berkualitas di sekolah reguler. Implementasi pendidikan inklusif sangat bergantung pada peran aktif guru. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran guru dalam implementasi pendidikan inklusif di SD Sarin Rare Mas Ubud Gianyar Bali, meliputi perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, serta evaluasi dan dukungan yang diberikan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru-guru di SD Sarin Rare Mas telah berupaya keras dalam mengimplementasikan pendidikan inklusif melalui modifikasi kurikulum, penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi, serta pemberian dukungan individual kepada ABK. Namun, tantangan seperti kurangnya pelatihan khusus dan rasio guru-murid yang tinggi masih menjadi hambatan. Implikasi penelitian ini adalah pentingnya peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan berkelanjutan dan dukungan sistemik dari pihak sekolah dan pemerintah