PROFESIONALISME GURU DI ERA TEKNOLOGI: PENDIDIKAN GURU SEBAGAI PENOPANG KOMPETENSI DAN KARIR BERKELANJUTAN

Penulis

  • Maria Putri Melani Universitas Katolik St. Paulus Ruteng
  • Avelia Derosari Yuni Universitas Katolik St. Paulus Ruteng
  • Yunita Nurti Anur Universitas Katolik St. Paulus Ruteng
  • Natalia Lembu Universitas Katolik St. Paulus Ruteng

Kata Kunci:

Profesionalisme Guru, Pendidikan Guru, Teknologi Pendidikan, Kompetensi Guru, Era Digital

Abstrak

Era digital menuntut guru untuk tidak hanya kompeten dalam bidang pedagogi, tetapi juga mahir dalam memanfaatkan teknologi sebagai alat pengembangan profesionalisme. Artikel ini bertujuan untuk mengkaji peran pendidikan guru dalam menopang profesionalisme dan karir guru secara berkelanjutan di tengah kemajuan teknologi. Menggunakan metode kualitatif deskriptif berbasis studi pustaka, artikel ini menganalisis berbagai literatur yang membahas kompetensi guru abad ke-21, pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran, serta strategi peningkatan profesionalisme guru. Hasil kajian menunjukkan bahwa pengembangan kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, profesional, dan teknologi sangat krusial dalam menciptakan guru yang adaptif dan inovatif. Pelatihan berbasis TIK, pemanfaatan sumber daya digital, serta kolaborasi dalam komunitas pembelajar menjadi strategi utama dalam mendukung karir guru. Artikel ini merekomendasikan integrasi teknologi secara sistematis dalam pendidikan guru sebagai fondasi bagi peningkatan mutu pendidikan nasional.

The digital era demands that teachers not only be competent in pedagogy but also proficient in utilizing technology as a tool for professional development. This article aims to examine the role of teacher education in supporting sustained professionalism and career growth amid technological advancements. Using a qualitative descriptive method through a literature review approach, this study analyzes various sources discussing 21st-century teacher competencies, technology integration in teaching, and strategies for enhancing teacher professionalism. The findings indicate that the development of pedagogical, personal, social, professional, and technological competencies is essential to create adaptive and innovative educators. ICT-based training, utilization of digital resources, and collaboration within learning communities are key strategies for supporting teacher career growth. This article recommends the systematic integration of technology in teacher education as a foundation for improving the quality of national education

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30