PROBLEMATIKA PENDIDIKAN

Penulis

  • Kristiani Jelsi St Paulus Ruteng
  • Dewiana Anjela St Paulus Ruteng

Kata Kunci:

Problematika Pendidikan, Kesenjangan Akses

Abstrak

Problematika pendidikan  merupakan isu kompleks yang mencakup berbagai aspek, mulai dari kesenjangan akses hingga tantangan kualitas dan relevansi. Kesenjangan akses ke pendidikan menjadi masalah utama, terutama di daerah pedesaan, terpencil, dan pulau-pulau kecil, dimana banyak anak tidak memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pendidikan berkualitas. Faktor geografis, ekonomi, dan sosial menjadi penghalang utama dalam memberikan akses yang merata. Kualitas guru dan tenaga pendidik juga menjadi sorotan, dengan masih banyak guru yang belum memenuhi standar kompetensi yang dibutuhkan untuk mengajar dengan efektif. Kurikulum yang kurang relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan dunia kerja juga menjadi masalah, sehingga lulusan pendidikan kurang siap menghadapi persaingan global. Selain itu, kualitas sarana dan prasarana pendidikan masih menjadi kendala, dengan banyak sekolah yang memiliki fasilitas yang tidak memadai, terutama di daerah terpencil. Kesenjangan digital juga semakin menjadi masalah, dengan banyak siswa yang kesulitan mengakses internet dan perangkat digital untuk mendukung pembelajaran. Kurikulum yang kurang relevan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan dunia kerja juga menjadi tantangan, sehingga lulusan pendidikan kurang siap menghadapi persaingan di dunia kerja. Untuk mengatasi problematika pendidikan ini, diperlukan upaya yang komprehensif, mulai dari peningkatan akses, peningkatan kualitas guru, penyempurnaan kurikulum, penyediaan infrastruktur yang memadai, hingga penanganan kesenjangan digital. Kebijakan pemerintah, partisipasi masyarakat, serta kolaborasi antara berbagai pihak sangat dibutuhkan untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas dan merata bagi semua anak.
Education problems are complex issues that cover various aspects, from access gaps to challenges of quality and relevance. The gap in access to education is a major problem, especially in rural, remote, and small island areas, where many children do not have equal opportunities to access quality education. Geographical, economic, and social factors are major barriers to providing equal access. The quality of teachers and educators is also in the spotlight, with many teachers still not meeting the competency standards needed to teach effectively. The curriculum that is less relevant to the development of the times and the needs of the world of work is also a problem, so that education graduates are less prepared to face global competition. In addition, the quality of educational facilities and infrastructure is still an obstacle, with many schools having inadequate facilities, especially in remote areas. The digital divide is also increasingly a problem, with many students having difficulty accessing the internet and digital devices to support learning. The curriculum that is less relevant to the development of the times and the needs of the world of work is also a challenge, so that education graduates are less prepared to face competition in the world of work. To overcome these educational problems, comprehensive efforts are needed, starting from increasing access, improving teacher quality, improving the curriculum, providing adequate infrastructure, to handling the digital divide. Government policies, community participation, and collaboration between various parties are needed to realize quality and equitable education for all children.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-30