PENERAPAN FILM ANIMASI DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BERBAHASA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK
Kata Kunci:
Bahasa, Perkembangan, Animasi, Anak Usia DiniAbstrak
Bahasa merupakan aspek fundamental dalam perkembangan anak. Kemampuan berbahasa yang baik mencakup kosakata yang luas, kemampuan memahami instruksi, dan kemampuan berkomunikasi secara efektif. Di era digital ini, film animasi telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan anak-anak. Jika dimanfaatkan dengan tepat, film animasi dapat menjadi media yang efektif untuk mendukung proses belajar, khususnya dalam pengembangan bahasa. Penelitian ini mengkaji tentang penerapan film animasi sebagai alat bantu pengajaran untuk meningkatkan kemampuan berbahasa pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini mengkaji jurnal, buku ,artikel dan penelitian terkait pengaruh film animasi terhadap kemampuan berbahaasa anak usia dini. Penerapan film animasi berhasil memperkaya kosakata anak, meningkatkan kemampuan menyimak anak, dan anak dapat mengekspresikan dirinya dengan lebih baik melalui stimulus audio-visual yang interaktif dan menyenangkan.
Language is a fundamental aspect of child development. Good language skills include a broad vocabulary, the ability to understand instructions, and the ability to communicate effectively. In this digital era, animated films have become an inseparable part of children's lives3. If utilized appropriately, animated films can be an effective medium to support the learning process, especially in language development.This research examines the application of animated films as a teaching aid to improve language skills in children aged 5-6 years. This research reviews journals, books, articles, and studies related to the influence of animated films on early childhood language skills. The application of animated films successfully enriches children's vocabulary, improves their listening skills, and enables children to express themselves better through interactive and enjoyable audio-visual stimuli