PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PEMBELAJARAN IPS SD

Penulis

  • Gigih Winandika Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Lujeng Ginanjar Wardani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Fauziah Dinda Rinjani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Felisa Dwi Saharani Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Bekti Fitrianingsih Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Ladhuni 'Ilma Tasya Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

Kata Kunci:

Pendidikan Karakter, Pembelajaran Karakter, Karakter Sosial, Pembelajaran IPS SD

Abstrak

Pembelajaran IPS dapat menanamkan dan mengembangkan pendidikan karakter. Hal ini dapat dicapai melalui pendekatan kontekstual, yang memungkinkan nilai-nilai karakter dimasukkan ke dalam materi pembelajaran. Oleh karena itu, pembelajaran IPS menjadi salah satu mata pelajaran yang strategis untuk membentuk karakter siswa. Penelitian ini melakukan studi literatur untuk mengetahui bagaimana pendidikan karakter digunakan dalam pembelajaran IPS di sekolah dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui berbagai proses, pendidikan karakter dapat dibangun secara bertahap.

 Social studies learning can instill and develop character education. This can be achieved through a contextual approach, which allows character values to be incorporated into educational materials. Therefore, social studies becomes one of the strategic subjects to shape students' character. This research conducted a literature study to find out how character education is used in social studies learning in elementary schools. The results show that through various processes, character education can be built gradually.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29