TEORI BELAJAR KOGNITIF

Penulis

  • Maria Indriani Sesfao Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Adriani Nesimnasi Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Irene Sintike Reo Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Mediana Erna Tsu Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Melda Missa Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Mefi Rofida Nenotek Institut Agama Kristen Negeri Kupang
  • Retsa Yanika Bang Institut Agama Kristen Negeri Kupang

Kata Kunci:

Kognitivisme, Teori Belajar, David P. Ausubel, Robert M. Gagne

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan teori belajar kognitivisme dalam pembelajaran menurut pandangan David P. Ausebel dan Robert M. Gagne. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif konten analisis dan desain penelitian deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa teori belajar kognitif lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajar itu sendiri. Teori Ausubel dalam pembelajaran bermakna terjadi apabila seseorang belajar dengan mengasosiasikan fenomena baru ke dalam struktur pengetahuan mereka. Dalam proses belajar seseorang mengkonstruksi apa yang telah ia pelajari dan mengasosiasikan pengalaman, fenomena, dan fakta-fakta baru ke dalam struktur pengetahuan mereka. Adapun menurut Rober M. Gagne belajar merupakan seperangkat proses yang bersifat internal bagi setiap individu sebagai hasil transformasi rangsangan yang berasal dari peristiwa eksternal di lingkungan individu yang bersangkutan (kondisi). Menurut Robert Gagne, pembelajaran hendaknya mampu menimbulkan peristiwa belajar dan proses kognitif.

This study aims to describe the theory of learning cognitivism in learning accordingto the views of David P. Ausebel and Robert M. Gagne. This research uses a qualitative approach to content analysis and descriptive research design. The results of this study show that cognitive learning theory is more concerned with the learning process than the learning outcomes themselves.Ausubel's theory of meaningful learning occurs when a person learns by associating new phenomena into the structure of their knowledge. In the process of learning a person constructs what he has learned and associates new experiences, phenomena and facts into the structure of their knowledge. According to Rober M. Gagne, learning is a set of processes that are internal to each individual as a result of the transformation of stimuli derived from external events in the environment of the individual concerned (conditions). According to Robert Gagne, learning should be able to give rise to learning events and cognitive processes.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29