PERAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN LITERASI SISWA MELALUI PROGRAM ASISTENSI MENGAJAR DI SD NEGERI KETABANG

Penulis

  • Indrastanto Oktodian Rahmanda Universitas Airlangga
  • Idrus Syahzaqi Universitas Airlangga

Kata Kunci:

Mahasiswa, Literasi, Teknologi, Asistensi Mengajar, Sekolah Dasar

Abstrak

Program asistensi mengajar yang melibatkan mahasiswa memiliki peran strategis dalam mendukung peningkatan literasi siswa, khususnya di jenjang sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peran mahasiswa dalam membantu meningkatkan literasi siswa melalui pemanfaatan teknologi yang tersedia di lingkungan sekitar, dalam konteks program asistensi mengajar di SD Negeri Ketabang. Mahasiswa berperan sebagai fasilitator pembelajaran yang kreatif dengan mengintegrasikan media digital seperti kuis digital, video edukatif, serta aplikasi pembelajaran berbasis daring guna menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan efektif. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa keterlibatan mahasiswa mampu meningkatkan minat baca dan kemampuan literasi siswa secara signifikan, sekaligus memperkenalkan cara-cara baru dalam pembelajaran yang lebih adaptif terhadap perkembangan teknologi. Dengan demikian, program asistensi ini tidak hanya bermanfaat bagi siswa, tetapi juga menjadi wadah pengembangan kompetensi mahasiswa dalam dunia pendidikan.

The teaching assistance program involving university students plays a strategic role in supporting the improvement of student literacy, especially at the elementary school level. This study aims to describe the role of university students in helping to enhance student literacy through the utilization of technology available in the surrounding environment, within the context of the teaching assistance program at SD Negeri Ketabang. University students act as creative learning facilitators by integrating digital media such as digital quizzes, educational videos, and online-based learning applications to create a more engaging and effective learning experience. The results of the activities show that the involvement of university students significantly increases students' interest in reading and literacy skills, while also introducing new methods of learning that are more adaptive to technological developments. Thus, this assistance program is not only beneficial for the students but also serves as a platform for developing university students’ competencies in the field of education.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29