ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA DALAM HASIL MENULIS KREATIF MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA: STUDI SINTAKSIS BIDANG KALIMAT
Kata Kunci:
Kesalahan Berbahasa, Sintaksis, Jurnal SajakAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis bentuk-bentuk kesalahan sintaksis pada tataran kalimat dalam karya tulis kreatif mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia oleh (Fadhilah et al., 2024; Putri et al., 2025; Rahayu & Hermaliza, 2024) dimuat dalam jurnal Sajak. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar dalam penulisan karya ilmiah maupun kreatif, di mana ketepatan struktur kalimat menjadi indikator kompetensi kebahasaan dan profesionalisme penulis. Namun, masih banyak ditemukan kesalahan sintaksis dalam tulisan mahasiswa, seperti kalimat tidak logis, penggunaan konjungsi berlebihan, kalimat tanpa subjek atau predikat, penggandaan subjek, penggunaan istilah asing tanpa padanan, hingga penghilangan konjungsi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data berupa kalimat-kalimat bermasalah dikumpulkan dari karya kreatif mahasiswa dalam jurnal Sajak melalui teknik dokumentasi dan dianalisis menggunakan analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan sintaksis paling banyak ditemukan pada kategori kalimat tidak logis, penggunaan istilah asing tanpa padanan, dan penggunaan konjungsi yang tidak tepat. Faktor penyebab kesalahan meliputi kurangnya pemahaman terhadap kaidah sintaksis, pengaruh bahasa asing, serta kebiasaan menulis yang tidak sesuai dengan standar kebahasaan. Temuan ini diharapkan dapat menjadi bahan evaluasi dan perbaikan dalam pembelajaran menulis di lingkungan pendidikan tinggi, khususnya dalam upaya meningkatkan kompetensi kebahasaan calon pendidik dan akademisi di bidang bahasa
This study aims to identify and analyze the forms of syntactic errors at the sentence level in creative writing by students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program by (Fadhilah et al., 2024; Putri et al., 2025; Rahayu & Hermaliza, 2024) published in the Sajak journal. The background of this study is based on the importance of using good and correct Indonesian in writing scientific and creative works, where the accuracy of sentence structure is an indicator of the language competence and professionalism of the writer. However, many syntactic errors are still found in students' writing, such as illogical sentences, excessive use of conjunctions, sentences without subjects or predicates, subject duplication, use of foreign terms without equivalents, and omission of conjunctions. This study uses a qualitative approach with a descriptive method. Data in the form of problematic sentences were collected from students' creative works in the Sajak journal through documentation techniques and analyzed using content analysis. The results of the study showed that the most syntactic errors were found in the categories of illogical sentences, use of foreign terms without equivalents, and use of inappropriate conjunctions. Factors causing errors include lack of understanding of syntactic rules, foreign language influences, and writing habits that do not comply with language standards. These findings are expected to be used as evaluation and improvement materials in writing learning in higher education environments, especially in efforts to improve the language competence of prospective educators and academics in the field of language