IMPROVING STUDENTS' BATIK-MAKING SKILLS THROUGH PRACTICE-BASED LEARNING AT SDN KREMBANGAN SELATAN VII SURABAYA AS AN EFFORT TO PRESERVE LOCAL CULTURE
Kata Kunci:
Eksperimen Sederhana, Kemampuan Sains, Gunung Meletus, Pendidikan Anak Usia Dini, Reaksi Asam dan BasaAbstrak
Batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia yang memiliki nilai seni tinggi dan penting untuk dikenalkan sejak dini kepada generasi muda. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa kelas V dalam proses pembuatan kain batik melalui pendekatan pembelajaran berbasis praktik. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V di salah satu sekolah dasar negeri di Surabaya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dokumentasi hasil karya, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan siswa dalam membuat batik, baik dari segi desain motif, teknik pewarnaan, maupun kerapian hasil akhir. Selain itu, siswa menunjukkan minat dan antusiasme yang tinggi selama proses pembelajaran. Dengan demikian, pembelajaran praktik pembuatan kain batik terbukti efektif untuk mengembangkan keterampilan seni sekaligus menanamkan nilai-nilai budaya kepada siswa sekolah dasar.
Batik is one of Indonesia’s cultural heritages that holds high artistic value and should be introduced early to the younger generation. This study aims to improve the understanding and skills of fifth-grade students in the process of making batik cloth through a practice-based learning approach. The method used is Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycles, each consisting of planning, action, observation, and reflection stages. The subjects of the study were fifth-grade students at a public elementary school in Surabaya. Data were collected through observation, interviews, documentation of student works, and student response questionnaires. The results showed an improvement in students' batik-making skills in terms of motif design, coloring techniques, and neatness of the final product. Furthermore, students demonstrated high levels of interest and enthusiasm throughout the learning process. Therefore, practical learning of batik- making has proven to be effective in developing artistic skills and instilling cultural values in elementary school students.