PERAN EVALUASI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN: PENDEKATAN KONSEP DASAR YANG EFEKTIF
Kata Kunci:
Evaluasi Pembelajaran, Kualitas Pendidikan, Perbaikan PembelajaranAbstrak
Pembelajaran merupakan investasi yang paling utama bagi setiap bangsa apalagi bagi bangsa yang sedang berkembang yang giat membangun negaranya. Metode penelitian yang digunakan dalam tulisan ini adalah studi literatur atau penelitian kepustakaan (Library Research), yang merupakan kegiatan pengumpulan bahan-bahan yang berhubungan dengan penelitian, baik dari buku, jurnal, literatur, dan publikasi lainnya yang relevan. Penelitian ini menekankan pentingnya evaluasi pembelajaran yang terencana dan sesuai standar mutu untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya pemahaman dan keterampilan guru dalam merancang evaluasi yang efektif masih perlu diatasi.Oleh karena itu pendidik harus biasa melakukan evaluasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukannya untuk mengetahui apakah pembelajaran yang dilakukan telah sesuai dengan tujuan pembelajaran yang dirumuskan.Melaksanakan evaluasi pembelajaran juga harus berdasarkan konsep dan prinsip dengan tujuan mencapai keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Guru melaksanakan evaluasi pembelajaran dengan konsisten, terus menerus, dan adil serta objektif agar menghasilkan evaluasi pembelajaran yang berkualitas dan valid.
Learning is the most important investment for every nation, especially for developing countries that are actively building their nations. The research method used in this paper is literature review or library research, which involves collecting materials related to the research from books, journals, literature, and other relevant publications. This study emphasizes the importance of planned learning evaluation that aligns with quality standards to improve student learning outcomes. However, challenges such as the lack of understanding and skills among teachers in designing effective evaluations still need to be addressed. Therefore, educators must routinely evaluate the learning process they conduct to determine whether the teaching has aligned with the predetermined learning objectives. The implementation of learning evaluation must also be based on proper concepts and principles, with the goal of achieving student success in learning. Teachers must carry out learning evaluations consistently, continuously, and fairly and objectively in order to produce quality and valid evaluations.