DEFISIT PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN DI SEKOLAH: IMPLIKASI DAN REKOMENDASI KEBIJAKAN

Penulis

  • Alisa Nurhasanah Salam Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda
  • Akhmad Muaddin Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda

Kata Kunci:

Defisit Pendidik, Tenaga Kependidikan, Implikasi, Rekomendasi Kebijakan, Kualitas Pendidikan

Abstrak

Pemenuhan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan di sekolah bukanlah sekadar upaya untuk mencukupi kuantitas personel, melainkan investasi strategis dalam masa depan bangsa. Ketersediaan pendidik yang berkualitas dan berdedikasi adalah fondasi utama terciptanya proses pembelajaran yang efektif dan mampu menghasilkan lulusan yang kompeten dan berkarakter. Demikian pula, keberadaan tenaga kependidikan yang profesional dan kompeten menjadi tulang punggung operasional sekolah yang efisien dan kondusif bagi tumbuh kembang peserta didik. Mengabaikan pemenuhan kebutuhan ini akan berimplikasi pada terhambatnya peningkatan mutu pendidikan, menurunnya daya saing sumber daya manusia Indonesia di kancah global, dan berpotensi memperdalam ketidakadilan dalam akses terhadap pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, upaya sungguh-sungguh dan berkelanjutan dari seluruh elemen bangsa, terutama pemerintah pusat dan daerah, dalam memprioritaskan dan mengimplementasikan strategi pemenuhan kebutuhan pendidik dan tenaga kependidikan adalah imperatif demi terwujudnya cita-cita pendidikan nasional yang berkualitas dan merata bagi seluruh anak negeri.

Unduhan

Diterbitkan

2025-06-29