IMPLEMENTASI PROGRAM P5 RA TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN DI MTsN IX NGAWI
Kata Kunci:
P5 RA, Gaya Hidup Berkelanjutan, Kurikulum Merdeka, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Berbasis ProyekAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi Program Penguatan Profil Pelajar Pancasila Rahmatan Lil’ Alamin (P5 RA) dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan di MTsN IX Ngawi. Program ini merupakan bagian dari Kurikulum Merdeka yang menekankan pada pembentukan karakter siswa melalui kegiatan pembelajaran berbasis proyek (project-based learning), khususnya dalam membangun kepedulian terhadap lingkungan. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Fokus penelitian ini meliputi tiga aspek utama, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi proyek P5 RA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi program ini dilakukan secara terstruktur, dimulai dari perencanaan proyek oleh guru fasilitator, pelaksanaan kegiatan pengelolaan sampah anorganik oleh siswa (seperti membuat pot bunga dan tempat sampah dari galon bekas), hingga evaluasi hasil proyek melalui pameran karya. Pelaksanaan P5 RA dengan tema gaya hidup berkelanjutan memberikan dampak positif terhadap siswa, yaitu meningkatkan kesadaran mereka akan pentingnya menjaga lingkungan, serta menumbuhkan karakter kreatif, peduli lingkungan, dan bertanggung jawab. Dengan demikian, program ini terbukti efektif sebagai sarana pendidikan karakter sekaligus pembelajaran kontekstual yang relevan dengan isu-isu keberlanjutan lingkungan.