PERAN MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR DALAM REVITALISASI LINGKUNGAN BELAJAR MELALUI KEGIATAN MURAL DI SD NEGERI KALISARI 2 SURABAYA
Kata Kunci:
Asistensi Mengajar, Mural, RevitalisasiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas keterlibatan mahasiswa asistensi mengajar dalam kegiatan pembuatan mural terhadap revitalisasi lingkungan belajar dan semangat belajar siswa di SD Negeri Kalisari 2 Surabaya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proyek pembuatan mural oleh mahasiswa memberikan dampak positif terhadap peningkatan semangat belajar siswa serta memperindah lingkungan sekolah. Mahasiswa berperan sebagai fasilitator kreatif yang mendorong keterlibatan aktif siswa dan membangun kolaborasi positif di antara warga sekolah. Keterlibatan mahasiswa asistensi mengajar dapat mendukung terciptanya lingkungan belajar yang lebih inspiratif, sekaligus mengembangkan keterampilan sosial.