PELAKU EKONOMI DAN PERANNYA DALAM KEGIATAN EKONOMI : MEDIA PEMBELAJARAN INOVATIF DI SMA NEGERI 12 MEDAN

Penulis

  • Agnes Anggreni Tamba Universitas Negeri Medan
  • Erikson Sinaga Universitas Negeri Medan
  • Krisentia Angelina Napitu Universitas Negeri Medan
  • Siska Lumban Batu Universitas Negeri Medan
  • Revita Yuni Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Pelaku Ekonomi, Media Video, Pemahaman Siswa, Audiovisual, Ekonomi SMA

Abstrak

Pemahaman pelaku ekonomi merupakan aspek penting dalam pembelajaran ekonomi di SMA. Namun, konsep yang abstrak sering menyulitkan siswa memahami hubungan antara konsumen, produsen, pemerintah, dan sektor luar negeri. Artikel ini mengkaji penggunaan media video sebagai alat pembelajaran inovatif pada materi pelaku ekonomi di kelas X-E2 SMA Negeri 12 Medan. Setelah menonton video dan menjawab pertanyaan terbuka, siswa mampu mengidentifikasi dan menjelaskan peran pelaku ekonomi secara tepat. Hasil menunjukkan bahwa media video meningkatkan minat belajar, memperdalam pemahaman, dan mengaitkan teori dengan kehidupan nyata. Temuan ini mendukung teori pembelajaran multimedia Mayer (2009) dan data nasional mengenai efektivitas media interaktif. Oleh karena itu, integrasi media audiovisual direkomendasikan untuk meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa dalam pembelajaran ekonomi. Penggunaan media ini juga mendorong terciptanya suasana belajar yang lebih aktif dan bermakna. Dengan demikian, vidio menjadi alternatif strategis dalam menyampaikan konsep ekonomi yang kompleks. Potensi media ini dapat terus dikembangkan untuk materi ekonomi lainya.

Understanding economic actors is vital in high school economics. However, abstract concepts often hinder students from grasping the connections between consumers, producers, government, and the international sector. This article examines the use of video as an innovative learning tool in teaching economic actors to class X-E2 students of SMA Negeri 12 Medan. After watching the video and answering open-ended questions, students accurately identified and explained the roles of economic actors. The results show that video media increases learning interest, deepens understanding, and links theory to real-life contexts. These findings support Mayer’s (2009) multimedia learning theory and national data on interactive media effectiveness. Thus, integrating audiovisual media is recommended to enhance student engagement and conceptual understanding in economics. This method also creates a more active and meaningful classroom atmosphere. Therefore, viddeo serves as a strategic alternative in delivering complex economic concepts.Its potential can be further explored for other economics topics.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-30