TINGKAT KEMAHIRAN LITERASI DAN NUMERASI YANG MASIH RENDAH DISEKOLAH: TANTANGAN DAN IMPLIKASINYA
Kata Kunci:
Literasi, Numerasi, Kemahiran Dasar, Pendidikan, PembelajaranAbstrak
Kemampuan literasi dan numerasi merupakan fondasi penting dalam proses pembelajaran dan pengembangan kompetensi siswa. Namun, berbagai hasil evaluasi nasional dan internasional menunjukkan bahwa tingkat kemahiran literasi dan numerasi di banyak sekolah di Indonesia masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor-faktor penyebab rendahnya tingkat literasi dan numerasi di lingkungan sekolah, serta dampaknya terhadap hasil belajar siswa. Metode yang digunakan adalah studi deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus di beberapa sekolah dasar dan menengah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kurangnya akses terhadap sumber belajar yang berkualitas, metode pengajaran yang belum efektif, serta minimnya pelatihan guru dalam pengembangan literasi dan numerasi menjadi penyebab utama permasalahan ini. Rendahnya kemampuan siswa dalam memahami bacaan dan menyelesaikan persoalan matematika berdampak langsung pada pencapaian akademik mereka secara keseluruhan. Oleh karena itu, diperlukan upaya strategis dan berkelanjutan dari berbagai pihak untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta menyediakan dukungan yang memadai bagi guru dan siswa.
Literacy and numeracy skills are important foundations in the learning process and development of student competencies. However, various national and international evaluation results show that the level of literacy and numeracy skills in many schools in Indonesia is still relatively low. This study aims to identify the factors causing low levels of literacy and numeracy in the school environment, as well as their impact on student learning outcomes. The method used is a qualitative descriptive study with a case study approach in several elementary and secondary schools. The results of the study indicate that lack of access to quality learning resources, ineffective teaching methods, and minimal teacher training in developing literacy and numeracy are the main causes of this problem. Students' low ability to understand reading and solve mathematical problems has a direct impact on their overall academic achievement. Therefore, strategic and sustainable efforts are needed from various parties to improve the quality of learning and provide adequate support for teachers and students.