IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN DISEKOLAH SD AISYIYAH KAMILA PADA MATA PELAJARAN KEAGAMAAN
Kata Kunci:
Merdeka, Pendidikan Keagamaan, SD Aisyiyah, Implementasi Kurikulum, Nilai IslamiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi kurikulum pendidikan pada mata pelajaran keagamaan di SD Aisyiyah Kamila, khususnya dalam konteks integrasi Kurikulum Merdeka dengan nilai-nilai keislaman. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekolah telah berhasil menerapkan pembelajaran keagamaan secara terpadu dengan metode yang variatif, seperti ceramah interaktif, praktik ibadah, dan pembiasaan nilai-nilai Islami dalam kehidupan sehari-hari siswa. Kegiatan keagamaan rutin dan keterlibatan orang tua turut mendukung pembentukan karakter religius siswa. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu pembelajaran dan perlunya pelatihan guru menjadi catatan penting untuk pengembangan ke depan. Secara keseluruhan, implementasi kurikulum keagamaan di SD Aisyiyah Kamila menunjukkan efektivitas dalam membangun fondasi spiritual dan karakter peserta didik sejak dini
This study aims to analyze the implementation of the education curriculum in religious subjects at SD Aisyiyah Kamila, especially in the context of integrating the Merdeka Curriculum with Islamic values. The study used a descriptive qualitative approach with data collection techniques through observation, interviews, and documentation. The results of the study indicate that the school has succeeded in implementing integrated religious learning with various methods, such as interactive lectures, worship practices, and the habituation of Islamic values in students' daily lives. Routine religious activities and parental involvement also support the formation of students' religious character. However, challenges such as limited learning time and the need for teacher training are important notes for future development. Overall, the implementation of the religious curriculum at SD Aisyiyah Kamila shows effectiveness in building the spiritual foundation and character of students from an early age.