EFEKTIVITAS KETERLIBATAN MAHASISWA ASISTENSI MENGAJAR DALAM KEGIATAN PONDOK RAMADHAN TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SD NEGERI KALISARI I SURABAYA
Kata Kunci:
Asistensi Mengajar, Pondok Ramadhan, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar, Mahasiswa MagangAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas keterlibatan mahasiswa asistensi mengajar dalam kegiatan Pondok Ramadhan terhadap motivasi dan prestasi belajar siswa di SD Negeri Kalisari I Surabaya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kehadiran mahasiswa sebagai asisten pengajar memberikan dampak positif dalam membangun semangat belajar siswa serta menciptakan suasana kegiatan keagamaan yang lebih interaktif. Mahasiswa mampu menjadi figur panutan sekaligus sahabat belajar bagi siswa. Temuan ini menegaskan bahwa keterlibatan mahasiswa asistensi mengajar mendukung penguatan karakter religius dan peningkatan hasil belajar dalam konteks non-formal seperti Pondok Ramadhan.