PEMBELAJARAN SAINS ANAK USIA DINI DENGAN MODEL HANDS-ON LEARNING DI TK REGINA CAELI

Penulis

  • Ruth Junita Simanjuntak Universitas Panca Sakti
  • Rakhmayanti Universitas Panca Sakti
  • Imamah Universitas Panca Sakti

Kata Kunci:

Analisis, Model Hands-on Learning, Pembelajaran Sains

Abstrak

Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pelaksanaan serta praktik pembelajaran Sains oleh para guru dengan menggunakan model Hands-on Learning di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Regina Caeli, Cileungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas yang mengajar Science serta beberapa siswa dari kelompok Kindergarten A dan B. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan kuesioner, sementara analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran Sains, terutama bagi para guru, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai model Hands-on Learning dan juga meningkatkan kreativitas dalam proses pengajaran. Dengan cara ini, pembelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa, yang akan lebih antusias dan senang dalam mengikuti kelas, serta tujuan pembelajaran Sains dapat tercapai.

 

Studi ini bertujuan untuk menganalisis dan menggambarkan pelaksanaan serta praktik pembelajaran Sains oleh para guru dengan menggunakan model Hands-on Learning di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Regina Caeli, Cileungsi. Metode penelitian yang digunakan adalah survei dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas yang mengajar Science serta beberapa siswa dari kelompok Kindergarten A dan B. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara dan kuesioner, sementara analisis data dilakukan dengan teknik analisis deskriptif. Diharapkan, hasil penelitian ini dapat membantu meningkatkan kualitas pembelajaran Sains, terutama bagi para guru, yang diharapkan dapat meningkatkan pemahaman mereka mengenai model Hands-on Learning dan juga meningkatkan kreativitas dalam proses pengajaran. Dengan cara ini, pembelajaran menjadi lebih menarik bagi siswa, yang akan lebih antusias dan senang dalam mengikuti kelas, serta tujuan pembelajaran Sains dapat tercapai.

 

Abstract

This study aims to analyze and describe the implementation and practice of Science learning by teachers using the Hands-on Learning model at Regina Caeli Early Childhood Education (PAUD) in Cileungsi. The research method used is a survey method with a descriptive qualitative approach. The subjects in this study are classroom teachers who teach Science, as well as several samples of students from Kindergarten A and Kindergarten B. Data collection techniques include interviews and questionnaires. Data analysis was carried out using descriptive analysis techniques. Based on the results of the study, it is hoped that, especially for science teachers, the quality of science learning can be improved. Teachers are encouraged to increase their knowledge of the Hands-on Learning model and to further enhance their creativity in teaching. This way, learning can be made more engaging for students, making them more enthusiastic and joyful in participating in class, and ultimately, the learning objectives of science education can be achieved.

 

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29