HUBUNGAN MANAJEMEN KEPEMIMPINAN DAN KOMUNIKASI WALI KELAS DENGAN MUTU PEMBELAJARAN KELAS XI IPS DI SMA N 1 TARUTUNG
Kata Kunci:
Manajemen Kepemimpinan, Komunikasi Wali Kelas, Mutu PembelajaranAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) menganalisis hubungan manajemen kepemimpinan wali kelas dengan mutu pembelajaran peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tarutung; 2) menganalisis hubungan komunikasi wali kelas dengan mutu pembelajaran peserta didik kelas XI IPS SMA N 1 Tarutung; dan 3) menganalisis hubungan manajemen kepemimpinan dan Komunikasi wali kelas dengan mutu pembelajaran peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 1 Tarutung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif dengan statistik inferensial. Populasi adalah seluruh siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Tarutung yang tersebar pada 3 kelas sebanyak 104 orang siswa dan penelitian ini adalah penelitian dengan menggunakan teknik total sampling. Data dikumpulkan dengan angket tertutup sebanyak 70 item. Hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) nilai thitung > ttabel (α=0,05; n-2=102) antara manajemen kepemimpinan wali kelas XI IPS dengan mutu pembelajaran yaitu 6,753 > 1,980 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan manajemen kepemimpinan wali kelas XI IPS dengan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Tarutung; 2) nilai thitung > ttabel (α=0,05; n-2=102) antara komunikasi wali kelas XI IPS dengan mutu pembelajaran yaitu 5,795 > 1,980 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan komunikasi wali kelas XI IPS dengan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Tarutung; 3) nilai thitung > ttabel (α=0,05;n-2=102) antara manajemen kepemimpinan dan Komunikasi wali kelas XI IPS dengan mutu pembelajaran yaitu 4,847 > 1,980 dengan demikian diketahui bahwa terdapat hubungan manajemen kepemimpinan dan Komunikasi wali kelas XI IPS dengan mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Tarutung secara simultan, dengan demikian Ha diterima dan H0 ditolak.
The aim of this research is to 1) analyze the relationship between homeroom teacher leadership management and the learning quality of class XI IPS students at SMA Negeri 1 Tarutung; 2) analyze the relationship between homeroom teacher communication and the quality of learning of class XI IPS students at SMA N 1 Tarutung; and 3) analyze the relationship between leadership management and homeroom teacher communication with the learning quality of class XI IPS students at SMA Negeri 1 Tarutung. The method used in this research is a quantitative research method with inferential statistics. The population is all students of class. Data was collected using a closed questionnaire with 70 items. The results of data analysis show that: 1) the value of tcount > ttable (α=0.05; n-2=102) between the leadership management of Class Social Sciences with quality learning at SMA Negeri 1 Tarutung; 2) the value of tcount > ttable (α=0.05; n-2=102) between the communication between class XI IPS homeroom teachers and the quality of learning, namely 5.795 > 1.980, thus it is known that there is a relationship between class XI IPS homeroom teacher communication and the quality of learning at SMA Negeri 1 Tarutung; 3) the value of tcount > ttable (α=0.05;n-2=102) between leadership management and communication from class XI IPS homeroom teachers and learning quality is 4.847 > 1.980, thus it is known that there is a relationship between leadership management and communication from class at SMA Negeri 1 Tarutung simultaneously, thus Ha is accepted and H0 is rejected.