PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE UNTUK MENDORONG PARTISIPASI AKTIF SISWA DALAM BELAJAR

Penulis

  • Seleksi Niat Three Gulo Universitas Negeri Medan
  • Novi Kristina Purba Universitas Negeri Medan
  • Christian Simanjuntak Universitas Negeri Medan
  • Syahrial Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Model Pembelajaran, Tps (Think Pair Share), Partisipasi Aktif

Abstrak

Model pembelajaran merupakan pegangan seorang guru untuk menyajikan dan memfasilitasi proses pembelajaran. Proses pembelajaran harus berjalan sesuai dengan ketentuan dan berfokus untuk mengacu keaktifan siswa dalam belajar. Think-Pair-Share adalah satu di antara tipe pembelajaran kooperatif yang berfokus pada peningkatan kemampuan dan prestasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur melalui menghimpun data atas penelitian-penelitian sebelumnya yang berhubungan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa implementasi model Think-Pair-Share bisa mengembangkan partisipasi aktif peserta didik dalam pembelajaran. Strategi ini menyokong peserta didik dalam meningkatkan pengetahuan yang lebih komprehensif, meningkatkan interaksi sosial, serta memaksimalkan prestasi belajar dengan signifikan. Selain itu, model ini efektif dalam mewujudkan zona belajar nan kolaboratif serta interaktif, agar siswa kian terdorong ikut berperan serta pada diskusi kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2025-04-29