STRATEGI GURU DALAM MENGELOLA KELAS DENGAN MEDIA MULTISENSORI BERBASIS VIDEO INTERAKTIF UNTUK BERAGAM GAYA BELAJAR SISWA SD
Kata Kunci:
Strategi Guru, Pengelolaan Kelas, Media Multisensori, Video Interaktif, Gaya Belajar SiswaAbstrak
Pendidikan yang efektif menuntut guru untuk memahami dan mengakomodasi berbagai gaya belajar siswa. Namun, penelitian menunjukkan bahwa masih banyak guru menerapkan strategi pembelajaran yang kurang variatif, sehingga tidak sepenuhnya mendukung keberagaman gaya belajar siswa. Artikel ini membahas strategi guru dalam mengelola kelas menggunakan media multisensori berbasis video interaktif untuk mengakomodasi gaya belajar siswa SD. Dengan pendekatan ini, siswa dapat belajar lebih efektif sesuai dengan kebutuhan individual mereka, baik melalui visual, auditori, maupun kinestetik. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus di SD Negeri 060853 Medan Perjuangan, dengan wawancara dan observasi sebagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan media multisensori berbasis video interaktif meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa serta menciptakan lingkungan belajar yang lebih inklusif dan dinamis. Selain itu, pendekatan ini juga membantu siswa agar lebih mudah memahami materi Pelajaran. Oleh karena itu, guru perlu diberikan pelatihan dalam menerapkan strategi ini guna meningkatkan efektivitas pengajaran serta mendukung keberagaman gaya belajar siswa secara optimal.
Effective education requires teachers to understand and accommodate students' various learning styles. However, research shows that many teachers still apply less varied learning strategies, so they do not fully support the diversity of student’s learning styles. This article discusses teacher strategies in managing classes using interactive video-based multisensory media to accommodate elementary school students' learning styles. With this approach, students can learn more effectively according to their individual needs, either through visual, auditory, or kinesthetic. This study used a case study method at SD Negeri 060853 Medan Perjuangan, with interviews and observations as data collection techniques. The results of this study indicate that the application of interactive video-based multisensory media increases student motivation and understanding and creates a more inclusive and dynamic learning environment. In addition, this approach also helps students to understand the lesson material more easily. Therefore, teachers need to be given training in implementing this strategy in order to improve teaching effectiveness and support the diversity of student learning styles optimally.