ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA PADA ARTIKEL JURNAL PENDIDIKAAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA
Kata Kunci:
Analisis Kesalahan Berbahasa, Artikel Ilmiah, Struktur Kalimat, Ejaan, DiksiAbstrak
Bahasa memiliki peran krusial dalam komunikasi ilmiah, terutama dalam penulisan artikel akademik yang menuntut kejelasan, ketepatan, dan efektivitas dalam penyampaian gagasan. Kesalahan berbahasa dalam artikel ilmiah dapat memengaruhi pemahaman pembaca, mengurangi kredibilitas penulis, serta menghambat penyebaran ilmu pengetahuan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan berbahasa dalam artikel "Telaah Isi dan Bahasa Buku Ajar MKWU Bahasa Indonesia Dirjen Belmawa Ristekdikti: Proyeksi Model Standar Materi Ajar MKWU Bahasa Indonesia". Analisis dilakukan pada aspek ejaan, struktur kalimat, diksi, dan kejelasan makna dalam abstrak artikel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik analisis teks. Data diperoleh melalui identifikasi kesalahan berbahasa dalam abstrak artikel, yang kemudian diklasifikasikan berdasarkan jenis kesalahan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan dalam struktur kalimat yang menyebabkan ketidakefektifan penyampaian gagasan. Selain itu, ditemukan penggunaan diksi yang kurang tepat serta redundansi dalam beberapa bagian kalimat, yang berpotensi mengurangi kejelasan informasi. Dari segi ejaan, terdapat beberapa penggunaan kata yang dapat diperbaiki agar lebih sesuai dengan kaidah kebahasaan yang berlaku.
Language plays a crucial role in scientific communication, especially in academic writing, which demands clarity, accuracy, and effectiveness in conveying ideas. Linguistic errors in scientific articles can affect reader comprehension, reduce the author's credibility, and hinder the dissemination of knowledge. This study aims to analyze language errors in the article "Telaah Isi dan Bahasa Buku Ajar MKWU Bahasa Indonesia Dirjen Belmawa Ristekdikti: Proyeksi Model Standar Materi Ajar MKWU Bahasa Indonesia." The analysis focuses on aspects of spelling, sentence structure, diction, and clarity of meaning in the article's abstract. The research method used is a qualitative descriptive approach with text analysis techniques. Data were obtained through the identification of linguistic errors in the article’s abstract, which were then classified based on the type of error. The results of the study indicate that several sentence structure errors lead to ineffective idea delivery. Additionally, inappropriate diction and redundancy in certain parts of the text were found, potentially reducing the clarity of information. In terms of spelling, several word usages were identified that could be improved to better align with proper linguistic conventions.