ANALISIS MASALAH MANAJEMEN KELAS DALAM MENGHADAPI KERAGAMAN KEMAMPUAN SISWA KELAS VI SDN 106161 MEDAN

Penulis

  • Wahyuni Br Silaban Universitas Negeri Medan
  • Yuliskha Putri Universitas Negeri Medan
  • Fitri Khadizah Universitas Negeri Medan
  • Dilla Natasya Universitas Negeri Medan
  • Diva Nurjannah Batubara Universitas Negeri Medan

Kata Kunci:

Manajemen Kelas, Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Diferensiasi, Partisipasi Siswa

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis permasalahan dalam manajemen kelas yang dihadapi guru kelas VI SDN 106161 Medan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara dengan guru kelas VI SDN 106161 Medan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat tantangan utama yang dihadapi guru, yaitu perbedaan kemampuan siswa yang signifikan serta dominasi metode ceramah yang kurang efektif dalam mengakomodasi kebutuhan belajar yang beragam. Faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan dalam pengelolaan kelas meliputi kurangnya pemahaman guru terhadap pembelajaran berdiferensiasi, keterbatasan sarana pembelajaran, serta kurangnya keterlibatan aktif siswa dalam proses belajar. Untuk mengatasi permasalah tersebut, strategi yang diimplementasikan ialah pembelajaran berdiferensiasi dengan menyesuaikan metode dan konten pembelajaran sesuai dengan gaya belajar siswa, seperti pendekatan visual, auditori, dan kinestetik. Hasil penerapan strategi ini menunjukkan peningkatan motivasi dan partisipasi siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu, diperlukan dukungan dari pihak sekolah dalam menyediakan fasilitas yang memadai serta pelatihan bagi guru untuk menerapkan metode pembelajaran yang lebih inovatif

This study aims to analyze the problems in classroom management faced by grade VI teachers of SDN 106161 Medan. The research method used was qualitative with a case study approach. Data were collected through observations and interviews with grade VI teachers of SDN 106161 Medan. The results showed that the main challenges teachers face are the significant differences in students' abilities and the dominance of the lecture method, which is less effective in accommodating diverse learning needs. Factors that cause difficulties in classroom management include teachers’ lack of understanding of differentiated learning, limited learning facilities, and students’ lack of active involvement in the learning process. To overcome these problems, differentiated learning is implemented by adjusting learning methods and content according to student learning styles, such as visual, auditory, and kinesthetic approaches. The results of this strategy implementation show an increase in student motivation and participation in learning. Therefore, support from the school is needed to provide adequate facilities and training for teachers to implement more innovative learning methods.

Unduhan

Diterbitkan

2025-03-30