ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP CAHAYA, OPTIC DAN LISTRIK PADA SISWA SD BERBASIS PRATIKUM
Kata Kunci:
Cahaya, Optik, Listrik, Fisika, Seri Dan PararelAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep cahaya, optik, dan listrik pada siswa sekolah dasar melalui pendekatan berbasis praktikum. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan desain pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pemahaman konsep siswa. Penelitian ini melibatkan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran berbasis praktikum dan kelompok kontrol yang menerima pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang terlibat dalam praktikum lebih memahami konsep listrik dan cahaya dibandingkan dengan siswa yang hanya mendapatkan teori. Percobaan yang dilakukan meliputi rangkaian listrik seri dan paralel serta eksperimen sifat-sifat cahaya seperti pemantulan, pembiasan, dan perambatan lurus. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan berbasis praktikum efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep fisika siswa serta membantu mereka mengembangkan keterampilan analitis dan eksperimen dalam pembelajaran sains.
This study aims to analyze the understanding of the concepts of light, optics, and electricity in elementary school students through a practicum-based approach. The research method used is a quasi-experiment with a pre-test and post-test design to measure the improvement of students' understanding of concepts. This study involved two groups, namely the experimental group that received practicum-based learning and the control group that received conventional learning. The results of the study showed that students involved in the practicum understood the concepts of electricity and light better than students who only got theory. The experiments carried out included series and parallel electrical circuits as well as experiments on light properties such as reflection, refraction, and straight propagation. The conclusion of this study shows that the practicum-based approach is effective in improving students' understanding of physics concepts as well as helping them develop analytical and experimental skills in science learning.