PENINGKATAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI METODE PEMBERIAN TUGAS BELAJAR DAN RESITASI PADA SISWA KELAS III MI MIFTAHUL ULUM KEC. GANDING KAB. SUMENEP
Kata Kunci:
Peran Guru, Metode Pembelajaran, Pembelajaran Agama IslamAbstrak
Guru memiliki peran krusial dalam menentukan kualitas pembelajaran yang diterima oleh siswa. Oleh karena itu, guru dituntut untuk merancang strategi dan metode pengajaran yang efektif guna meningkatkan kualitas belajar mengajar. Salah satu pendekatan yang dapat diterapkan adalah pengelolaan kelas yang lebih dinamis serta penggunaan metode pembelajaran yang mampu merangsang keaktifan siswa. Kegiatan belajar dalam kelompok kecil terbukti dapat meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, terutama dalam mata pelajaran Agama Islam yang lebih menitikberatkan pada pemahaman dan pemrosesan informasi daripada sekadar penyerapan materi. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada penerapan metode pemberian tugas belajar dan resitasi dalam meningkatkan pembelajaran Agama Islam di kelas III MI Miftahul Ulum.