HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DAN TINGKAT KECEMASAN PADA ANAK SEKOLAH DASAR
Kata Kunci:
Pola Asuh, Kecemasan Anak, Psikologi Anak, Pendidikan Anak, Perkembangan EmosionalAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi hubungan antara pola asuh orang tua dan tingkat kecemasan pada anak-anak sekolah dasar. Kecemasan pada anak-anak sekolah dasar adalah isu penting yang mempengaruhi perkembangan psikologis mereka, dan salah satu faktor yang dapat berkontribusi terhadap hal tersebut adalah pola asuh yang diterapkan orang tua. Studi literatur ini menganalisis penelitian-penelitian terdahulu untuk memahami keterkaitan antara pola asuh orang tua dan tingkat kecemasan anak. Dalam pendekatan kuantitatif ini, data dikumpulkan dari berbagai sumber penelitian yang relevan, dan hasil analisis menunjukkan bahwa pola asuh otoritatif cenderung berhubungan dengan kecemasan yang lebih rendah pada anak, sementara pola asuh otoriter berkorelasi dengan tingkat kecemasan yang lebih tinggi. Temuan ini memberikan panduan penting bagi orang tua dan pendidik dalam menciptakan lingkungan yang mendukung perkembangan emosional anak.
This research aims to identify the relationship between parental parenting patterns and anxiety levels in elementary school children. Anxiety in elementary school children is an important issue that affects their psychological development, and one of the factors that can contribute to this is the parenting pattern applied by parents. This literature study analyzes previous studies to understand the relationship between parenting patterns and children's anxiety levels. In this quantitative approach, data is collected from various relevant research sources, and the results of the analysis show that authoritative parenting patterns tend to be associated with lower anxiety in children, while authoritarian parenting patterns correlate with higher levels of anxiety. This finding provides important guidance for parents and educators in creating an environment that supports children's emotional development