TANTANGAN DAN SOLUSI DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PENDIDIKAN INKLUSIF DI SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Femberianus S. Tanggur PGSD Universitas Citra Bangsa
  • Apriani Kause PGSD Universitas Citra Bangsa
  • Jinda Srinti Nenohay PGSD Universitas Citra Bangsa
  • Derci Venci Mone PGSD Universitas Citra Bangsa
  • Stefen Elmos Suan PGSD Universitas Citra Bangsa
  • Yangri Lamris Malafu PGSD Universitas Citra Bangsa
  • Gresensiana Taena PGSD Universitas Citra Bangsa

Kata Kunci:

Pendidikan Inklusif, Sekolah Dasar, Tantangan, Solusi

Abstrak

Pendidikan inklusif merupakan langkah strategis untuk memastikan pemerataan akses pendidikan bagi semua siswa, termasuk anak-anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tantangan utama dalam implementasi pendidikan inklusif di sekolah dasar serta menawarkan solusi yang relevan. Metode yang digunakan adalah studi literatur dengan menganalisis berbagai referensi terkait. Hasil penelitian menunjukkan tantangan signifikan dalam aspek kapasitas guru, keterbatasan fasilitas, kebijakan yang belum optimal, dan stigma sosial. Solusi yang diusulkan meliputi pelatihan guru, penguatan kebijakan inklusif, penyediaan fasilitas ramah disabilitas, serta peningkatan kesadaran masyarakat melalui pendekatan kolaboratif. Penelitian ini menegaskan pentingnya sinergi antara pemerintah, sekolah, orang tua, dan komunitas untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan berkeadilan. Dengan mengatasi tantangan secara sistematis, pendidikan inklusif dapat memberikan manfaat signifikan bagi seluruh siswa, khususnya siswa dengan kebutuhan khusus, dalam mengembangkan potensi mereka secara maksimal.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-30